infounsacrop.gif

Visi

Sebagai pusat pengkajian, pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan khususnya pada bidang Teknologi Informasi yang berwawasan global, berbasis budaya lokal yang dilandasi semangat patriotisme, kepeloporan, kemandirian, serta profesionalisme bermoral, inovatif dan beretika guna mendukung pembangunan bangsa dengan cara memantapkan sistem otonomi Program Studi Teknik Informatika, yang mampu mengikuti dan mengembangkan teknologi informasi dengan menghasilkan lulusan yang kompetitif dalam bidang sistem informasi, jaringan dan multimedia.

Misi

o Bidang Pendidikan : relevansi pendidikan, kwalitas lulusan, daya tampung, produktikitas, sumber daya manusia berwawasan Ipteks ( staf pengajar dan tenaga administrasi)

o Bidang Penelitian : relevansi penelitian, kwalitas dan kwantitas penelitian, produktivitas penelitian, utamanya ilmu pengetahuan dibidang ICT, serta melaksanakan kegiatan inovatif dan alih teknologi untuk kemaslahatan manusia.

o Bidang Kemahasiswaan : penalaran minat dan bakat, pelayanan mahasiswa, kemandirian dalam proses belajar-mengajar, wawasan almamater, serta pembinaan sikap dan perilaku mahasiswa.

o Bidang Pengabdian Pada Masyarakat : relevansi pengabdian dan kerjasama dengan berbagai pihak/lembaga untuk mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Tujuan

Ö Membentuk sarjana Teknik Informatika yang mempunyai kemampuan analisis yang tinggi, susila, cakap, memiliki kesadaran bertanggung jawab, mampu dan sanggup menyebarluaskan ilmu pengetahuan Teknik Informatika, beramal dan berjiwa luhur, mengamalkan serta mengamankan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945

Ö Mendidik, mengembangkan kemampuan mahasiswa, dan menghasilkan lulusan yang berbudi pekerti luhur, unggul dalam pengetahuan dan ketrampilan ilmu pengetahuan, teknologi kepribadian mantap dan mandiri, mempunyai kemampuan profesional dan etika profesi, memiliki Integritas dan tanggung jawab tinggi, mempunyai kemampuan untuk mengembangkan diri.

Ö Menghasilkan kontribusi yang relevan dan berkualitas tinggi dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi informatika bagi kebutuhan pembangunan nasional.

Ö Menumbuhkan iklim akademik yang kondusif yang dapat menumbuhkan sikap apresiatif, partisipatif, dan kontributif dari Civitas Akademika, serta menjunjung tinggi tata nilai moral akademik dalam usaha membentuk masyarakat kampus yang dinamis dan harmonis.

Ö Mencapai keunggulan kompetitif melalui penerapan prinsip pengelolaan sumber daya sesuai dengan asas pengelolaan yang professional, serta mampu mengembangkan sistem layanan administratif yang cepat berbasis teknologi informasi.

Ö Menghasilkan sarjana Teknik Informatika yang terampil berorganisasi dan memiliki jiwa kepemimpinan yang didasari moral dan etika.

  • Menghasilkan sarjana Teknik Informatika yang memiliki integritas tinggi terhadap dinamika kehidupan masyarakat.

Sasaran

1. Menghasilkan sarjana Teknik Informatika yang dapat membuat program Teknologi Informasi secara komprehensif, berdasarkan prinsip-prinsip ilmiah, berwawasan global dan keragaman budaya lokal.

2. Menghasilkan sarjana Teknik Informatika yang dapat bekerja/menerapkan ilmu kemasyarakatan secara profesional, mandiri, dapat bekerjasama, bertanggungjawab terampil berorganisasi, bermoral, beretika dan beraqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

3. Mewujudkan dinamika kehidupan yang kondusif agar tercipta pengembangan dan peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Teknik Mesin.

4. Memberdayakan setiap potensi bagi kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan berlandaskan moral dan etika.

5. Memberdayakan sistem informasi dan manajemen mutu, khususnya yang berbasis komputer, tanpa meninggalkan jati diri dan nilai-nilai sosial budaya dan kebangsaan, sebagai bagian dari upaya mengembangan cakrawala ilmu pengetahuan dan teknologi informasi.

6. Meningkatkan dan mengembangkan jejaring kerjasama baik institusional maupun multi institusional

CAKUPAN PROGRAM

Ö Mendukung upaya penempatan tenaga kerja Luar Negri.

Ö Menyiapkan tenaga tenaga pengajar yang profesional

Ö Membangun dan mengembangkan sistem informasi yang berkwalitas dan bernilai ekonomis

Pemanfaatan Rekayasa Teknologi Dalam Rangka Otonomi Daerah

Informatika mempelajari informasi, menggabungkan teknik elektronika dan teknologi konunikasi yang memanfaatkan komputer dan aplikasinya. Sistim informasi pada dasarnya sinergis antara perangkan lunak (software), perangkat keras (hardware), perangkat manusia (brain ware)

KURIKULUM

Program pendidikan untuk mendapatkan gelar Sarjana Strata 1 Teknik Informatika berbeban studi 148 – 150 sks yang dirancang untuk dapat diselesaikan dalam waktu 8 semester pendidikan dengan 3 tahapan evaluasi yang diatur berdasarkan peraturan Depdikbud. Sistem pendidikan yang diterapkan adalah menggunakan sistem paket pada semester awal dan diperbolehkan mengambil mata kuliah semester selanjutnya tatkala dimungkinkan. Setiap semester berlangsung selama kurang lebih 18 minggu 14 x pertemuan efektif dengan beban kurang lebih 10 mata kuliah, 20 SKS dan pertemuan tatap muka per SKS 45 menit. Selain pengembangan bidang keahlian, sejumlah matakuliah umum dan pilihan diwajibkan sebagai pembina keluasan wawasan dan sikap yang berintegritas keilmuan dan pribadi. Kegiatan kuliah (mencakup prinsip dan konsep) didukung oleh laboratorium komputer yang mencakup teknologi dan ketrampilan.

Proses Pendidikan dan Evaluasi

Penerimaan mahasiswa baru dilaksanakan terpusat dan terpadu di Universitas Surakarta. Pada setiap semester, masa perkuliahan selalu diawali dengan masa perwalian, yaitu masa penetapan rencana studi dengan bimbingan dosen wali. Pada buku Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Akademik yang terbit setiap awal tahun akademik, tertera sejumlah prosedur yang menjadi pedoman dalam pengelolaan proses belajar mengajar. Adanya Sistem Informasi Manajemen yang terpadu (SI Keuangan, SI Penerimaan Mahasiswa Baru, SI Kepegawaian, SI Akademik, dan lain-lain.) akan melancarkan penerapan pedoman-pedoman tersebut.

Prosedur evaluasi terhadap prestasi penguasaan suatu mata kuliah, proses penghitungan indeks prestasi, evaluasi tahap, persyaratan lulus, dan lain-lain mengikuti peraturan yang berlaku di Universitas Surakarta. Proses evaluasi tahap yang berlaku saat ini mampu menyaring mahasiswa yang memang benar-benar mau bekerja keras untuk mencapai hasil yang optimal.

KONSENTRASI

1. Informatika Medis

Kesatuan teori dan praktik untuk mendidik dan melatih siswa menjadi tenaga terlatih dibidang sistem informasi kesehatan.

2. Informatika Database

Kesatuan teori dan praktik untuk mendidik dan melatih siswa menajdi tenaga terlatih dibidang sistem informasi berbasis data baik single user maupun multiuser.

3. Informatika Multimedia

Kesatuan teori dan praktik untuk mendidik dan melatih siswa menajdi tenaga terlatih dibidang sistem multimedia untuk dunia entertainment.

4. Informatika Internet dan Intranet

Kesatuan teori dan praktik untuk mendidik dan melatih siswa menajdi tenaga terlatih dibidang sistem internet dan intranet serta infrastrukturnya.

5. Informatika Infrastruktur

Kesatuan teori dan praktik untuk mendidik dan melatih siswa menajdi tenaga terlatih dibidang sistem perangkat keras komputer, baik secara perakitan dan perawatannya

SARANA dan PRASARANA

Guna mendukung kegiatan belajar mengajar maka Teknik Informatika UNSA menyediakan berbagai fasilitas. Diantaranya adalah :

- Ruang video conference multimedia dengan bandwidth Jardiknas

- Free hotspot disetiap lantai

- Sertifikasi Multimedia, Jeni, KKPI, CCNA

- Lab pemrograman dasar

- Lab pemrograman lanjut

- Lab perakitan dan Jaringan (Cisco Support)

- Studio Multimedia lengkap dengan multi chanel televisi

- Mempunyai unit produksi yang bisa digunakan sebagai lahan praktik mahasiswa

- Beasiswa dari berbagai fihak

- Mitra kerja dari berbagai fihak yang bermanfaat sebagai tempat magang

- Lab bahasa, Masjid dan aula, ruang rapat, Lapangan olahraga, koperasi

 

 

Semester 1

 

LULUSAN YANG DIHASILKAN

Setelah menempuh pendidikan di jurusan Teknik Informatika, seorang sarjana Ilmu Komputer diharapkan mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja di bidang perangkat lunak dan mampu mengembangkan sistem perangkat lunak yang efektif untuk menyelesaikan permasalahan di lingkungan kerjanya. Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi dan teknologi perangkat keras, jurusan Teknik Informatika wajib membekali para lulusannya dengan pengetahuan dan wawasan cukup agar dapat bersaing di era globalisasi ini